Membuat Kuis Interaktif

kuis interaktifBeberapa waktu yang lalu pemerintah melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) Online bagi guru yang telah bersertifikasi, dan hasilnya hampir 99% guru sertifkasi dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi standar kelululusan yang telah ditentukan yaitu 70. Nah pada tulisan kali ini saya tidak akan membahas tentang Uji Kompetensi Guru atau UKG, akan tetapi pernahkan terpikir pada diri anda bagaimana cara membuat soal interaktif seperti pelaksanaan UKG.

Pada bahasan kali ini saya tidak menjelaskan bagaimana cara membuat software UKG, karena ilmu saya belum sampai kesana (kkkkkkk ) tapi yang ingin saya sampaikan adalah membuat kuis interaktif yang tampilannya hampir persis dengan soal UKG onlint.

Sebenarnya banyak pilihan software pembuat kuis interaktif, sudah beberapa software saya coba, namun pilihan saya jatuh kepada Wondershare Quis Creator. Wondershase quis cerator merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat soal multimedia interaktif, dengan aplikasi ini kita bisa membuat quis yang interaktif dengan mudah, serta flesibel outputnya.

Baiklah kita akan mulai bahas secara garis besar (secara detailnya, dapat anda download di bawah tulisan ini).

Terdapat beberapa pilihan model soal yang dapat kita pilih, antara lain :

  1. True/False, untuk membuat pertanyaan dengan mode menjawab benar atau salah.
  2. Multiple Choice, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban piihan ganda single (jawaban benar hanya satu)
  3. Multiple Level Choice, untuk membuat pertanaan dengan jawaban pilihan ganda multiple answers (jawaban benar lebih dari satu)
  4. Fill In The Blank, untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab mengisi area yang kkosong. Dengan alternative jawaban yang sudah di set.
  5. Macting, untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab memaangkan dua kata/kalimat kir dan kanan.
  6. Sequence, untuk membuat pertanyaan dengan cara menjawab memasangkan kata-kata yang ada dengan kalimat pernyataan.
  7. Clik Map, untuk membuat pertanyaan dengan bentuk pertanyaan berupa gambar dan menjawabnya dengan cara mengklik pada area tertentu pada gambar sesuai dengan pertanyaanany.
  8. Short Essay, membuat pertanyaan isian yang simple.

Beberapa mata pelajaran cocok dengan jenis pertanyaany tertentu, misalnya untuk bahasa inggris mungkin lebih tepat menggunakan model matching, sequence, word bank walaupun tidak menutup kemungkinan juga menggunakan jenis yang lain.

Untuk mendapatkan sofware ini silahkan klik di sini

Tutorial lengkap download di sini

By Hasbullah Jaini Dikirimkan di Lain-lain

1 comments on “Membuat Kuis Interaktif

Tinggalkan komentar