Hubungan Ciri Khusus yang Dimiliki Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya

HEWAN

Untuk mempertahankan hidupnya, hewan dan tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam usaha mempertahankan hidup disebut adaptasi.

Untuk memenuhi kebutuhannya, hewan memiliki ciri khusus. Untuk mencari jalan dan makan pada malam hari, kelelawar mempunyai alat pendeteksi pada tubuhnya. Ole kelelawar, bunyi berfrekwensi tinggi dipancarkan melalui mulutnya, selanjujutnya bunyi tersebut dipantulkan oleh benda-benda disekitarnya. Kelelawar dapat memperkirakan jarak rintangan atau tempat makanan dengan mendengar pantulan bunyi (gema). Kemampuan kelelawar untuk mendeteksi tersebut dinamakan ekolokasi. Dengan ekolokasi pula kelelawar dapat terbang dikegelapan malam tanpa menabrak pohon.

Cecek dan tokek termasuk bangsa reptilia. Mereka merayap di dinding untuk berburu serangga-serangga kecil seperti nyamuk, laron, dan lalalt. Ceceak dan tokek tidak terjatuh saat merayap di didinding atau langit-langit bangunan karena telapak kakinya memiliki perekat. Perekat tersebut merupakan lapiran berupa struktur seperti rambut yang lengket.

Bunglon dapat melakukan mimikri, yaitu perubahan warna kulit. Mimikri berguna untuk mengelabuhi musuh. Makanan bunlon beruap serangga-serangga kecil, meisalnya jangkrik, belalang, dan capung. Dengan kemampuan berupa mimikri serta ketajaman matanya yang dapat digunakan untuk mengukur jarak mangsanya, bunglon dapat memperoleh makanan. Lidahnya yang panjang dan lengket digukanan untuk menarik serangga ke dalam mulutnya.

Untuk bisa bertahan hidup di padang pasir, untuk dilengkapi dnegan punuh. Ada untuk berpunuk satu, ada pula yang berpunuh dua. Punuk tersebut menunjang kemampuan untuk melakukan perjalanan panjang tanpa makan ataupun minum. Hal tersebut dimungkinkan karena punuk untuk berisi lemak sebagai tempat penyimpanan cairan yang merupakan sumber energi dan air, jika lemak habis terpakai, punuk untuk menjadi lemas dan mengecil. Selain berpunuk, untuk juga mempunyai kelebihan lain, yaitu tidak berkeringat dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran. Selaian itu, untuk dapat minum sampai 57 liter tanpa henti dan perutnya dapat menyimpan rumput maupun air yang sangat banyak.

TUMBUHAN

Untuk memenuhi kebutuhannya, tumbuh-tumbuh mempunayi ciri khusus. Ciri khusus tersebut ada kaitannya dengan lingkungan hidupnya. Jadi tumbuhan, juga beradaptasi.

Daun teratai lebar dan umumnya berbentuk bulat. Daun yang demikian memudahkan penguapan air serta fotosintesis. Sebagai tumbuhan air, teratai memiliki ciri:

  1. Daunya lebar
  2. Tumbuhnya dari daasar air
  3. Tangkai daun umumnya tumbuh menjalar
  4. Helai daun mengapung di permukaan air
  5. Tangkai bunga umumnya tumbuh tegak sehingga bunga-bunga-bunganya dapat muncul ke permukaan air, dan
  6. Batangnya berlubang-lubang sebagai rongga udara.

Tumbuhan kantung semar dikenal sebagai tumbuhan pemakan serangga. Tempat hidupnya di rawa-rawa. Serangga diperlukan tumbuhan kantung semar untuk memenuhi nitrogen yang tidak banyak dikandung oleh rawa-rawa. Daun kantung semar berbentuk seperti piala. Cairan manis bahan pembuat madu (naktar) dikeluarkan dinding dalam daun kantung semar sebagai pemikiat serangga, sekaligus berfungsi sebagai pelarut serangga untuk diserap nitrogennya.

Tumbuhan venus juga pemakan serangga. Daun venus mempunyai engsel dan bulu. Daun venus bisa membuka dan menutup. Membuka ketika menunggu kedatangan serangga. menutup ketika serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun. Srangga yang dicernakan daun venus akan diserap nitrogennya.

Tumbuhan Rafflesia dikenal sebagai bunga bangkai. Sebagai tumbuhan parasit, Raffelesia tidak berklorofil. Perkembang biakannya dibantu lalat untuk terjadinya penyerbukan. Untuk menarik lalat agar datang, maka afflesia mengeluarkan bau busuk dan cahaa. Rafflesia dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Garis tengahnya sekitar 1 meter. Ciri-ciri lainnya adalah :

  1. Sebagai parasit pada akar tumbuhan menjalar di hutan-hutan tropis (terutama di Asia Tenggara)
  2. Batangnya terdiri dari jaringan benang halus yang tumbuh di daloam jaringan tumbuhan inangnya, dan
  3. Kucul bunganya menembus tumbuhan inangnya.

Tumbuhan kaktus mampu tumbuh di daerah panas dan kering (padang pasir). Kaktus mempunyai batang yang berfungsi sebagai penyimpan air, ketika hujan turun, kaktus menyerap air sebanyak-banyaknya. Akar -akar samping pada kaktus mengisap air hujan sebelum air itu menguap. Air yang terisap disimpan pada batang kaktus yang berkulit tebal. Kulit penguapan. Batang kaktus mebengkak setelah hujan turun, sebaliknya batang kaktus mengkerut ketika air telsh terpakai, terutama pada musim kering.

24 comments on “Hubungan Ciri Khusus yang Dimiliki Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya

  1. Pak Saya bigung dengan soal ini . Ini soalnya ,ciri kusus yg membuat tumbuhan atau hewan bisa hidup di habitatnya melalui proses disebut…… . Itu soalnya . Dan saya kelas 6 SD mohon bapak memberi tahu saya

  2. Good morning

    I am looking to build up my B2B email list for newsletter marketing.

    I am very keen to get Ivy’s B2B Leads Miner – Yellow Pages Scraper Software as it is probably one of the best Yellow Pages scrapers for UK and USA out there.

    I was just wondering if you have ever used this particular or any other scrapers before?

    Cheers guys!

  3. How’s it going, hasbullah_jaini?

    OK, I‘ve always wanted to be Instagram-”big”, too.

    Have you ever thought about what it feels like to be an Instagram Influencer?

    Imagine: it is Friday morning and you told yourself you’d go for a run today.

    Roll over, check the cellphone.

    Flipping to Instagram.

    You‘re surprised at what is waiting for you: Over 832 likes on a single one of your pictures! There, you can see a a huge amount of likes on your pictures–over 652 on a single photo alone.

    Heading to the kitchen, you put the kettle on for some tea and glance at your Instagram while you wait.

    Bam! Another 87 likes.

    Buzz—a message pops into your inbox from a follower. They’re asking you for advice on how you manage your food, and are congratulating you on your third month of hitting the gym.

    A grin appears on your face as you read another message. This person emailed you to let you know she loves your posts.

    Within minutes, your phone buzzes AGAIN.

    Hmmm, ANOTHER message. You close your cellphone and throw it in the bag. Time for the gym.
    Let’s stop the simulation there. People have a hard time getting what they want in life. People can hardly force themselves to eat a good breakfast.

    Now, let’s learn to take control of your Instagram.

    Now, what if you could raise your popularity by 100%, or 1000%?

    Truth is, it’s not the most complicated thing in the world to get more. As an example, all the old pros use our website.

    In just minutes after posting, we get your images piled with likes.

    If you are anything like our other customers, you’ll have a great chance of hitting the “Top Post” section in a very short time.

    This is all great, but you’ve really got to put in the work to make it happen. Actually, it is not real work.
    1. Visit https://rhymbo.pro
    2. Put in your Instagram username.
    3. The three pictures you uploaded last will receive 10 – 15 likes. Just like that.

    Being a everyday name on that page will increase your growth 10x, easy. You know where the answer to fame is. Now reach for it. Are you ready?

    Chow until next time

  4. Hey, hasbullah_jaini!

    Don’t you wish you could be Instagram popular?

    Well, today I’m going to teach you the best way to totally change forever the way you Instagram.

    I want you to imagine that it is Friday and you’ve just woken up from a sound slumber.

    Roll over, check your cell.

    Open the Instragram App.

    Youare surprised at what is waiting for you: Over 652 likes on a single one of your pictures! There, you see a flurry of likes on your pictures–over 738 on a single photo alone.

    You hop out of your bed, meander to the kitchen. You want a drink, so you put the kettle on for some tea, and check Instagram again.

    Presto! Another 49 likes.

    And another message just popped up. It is from some follower asking about your diet, and congratulating you on your sixth official month of eating healthy.

    The kettle blows and you pour your tea. When you flip out your phone, there is another message–this time from a young girl–thanking you for posting. She follows you religiously and your’e an inspiration.

    Within minutes, your cell buzzes AGAIN.

    It’s another message coming in. You glance up at the clock–almost time for the gym. You will have to reply later.
    Let’s stop the simulation there. Most people have a hard time achieving what they want in life. People can hardly get themselves to eat a good breakfast.

    Now, this is the point in time where you learn to take control of your Instagram.

    Now, what if you could raise your popularity by 100%, or 1000%?

    Truth is, it’s not the most complicated thing in the world to get more. As an example, all the old pros use our website.

    Automagically see tons of likes on your images just minutes after posting.

    If you’re anything like our other valued compadres, you’ll have a great chance of hitting the “Top Post” section in a very short time.

    This is all great, but you have really got to put in the work to make it happen. Actually, it’s not real work.
    1. Visit https://rhymbo.pro
    2. Plug in your Instagram username.
    3. The 3 pictures you posted last will get 10 – 15 likes. Just like that.

    Being a regular on that page will supercharge your growth 10x, easy. You know where the answer to fame is. Now reach for it. Are you ready?

    See you soon.

Tinggalkan komentar