Merekam Suara Speaker di Windows 7

Dulu saya sering iseng berkarouke di komputer untuk mengisi waktu luang, kemudian hasilnya saya rekam, menggunakan software  ACIC Music Studio dan hasilnya lumayan, suara saya yang super jelek bisa bagus. Untuk bisa merekam suara speaker + Mic di komputer maka fasilitas “stereo mix” harus diaktifkan. Ketika menggunakan Windows XP fasilitas ini sangat mudah mengaktifkannya, namun sayangnya secara default di windows 7 tidak menampilkan fitur tersebut, sehingga banyak pemakai windows 7 beranggapan tidak ada stereo mix di windows 7.

Saya sempat ngutak-ngatik di control panel ==> sound, tapi fasilitas “streo mix” juga tidak ditemukan, akhirnya saya coba cari penyebabnya melalui mbah google, ternyata penyebabnya adalah driver sound card tidak mendukung untuk Windows 7. Mbah google menganjurkan  download driver soundcard os win 7 terupdate dahulu..!

Setelah didowonload langsung instal….

1. Cek adanya penyetelan perekaman
Klik kanan icon Speaker letaknya dikanan bawah layar monitor.

2.Pilih Recording Device maka muncul jendela Sound Recording.
Tampilkan Disable Device dengan klik kanan di jendela Sound Recording.
Pilih dan klik Show Disabled Device.

3.Pilih Stereo Mix dan Enable kan.
Klik di Set As Default Device

4.Setelah Stereo Mix Device enable (ditandai centang hijau) maka Stereo mix sudah dapat berfungsi merekam suara dari soundcard (mis: Realtek / Sound Blaster).

5.Untuk merekam internet radio/suara lain yang terdengar, bisa line in, mic atau software pemutar musik maka bisa dipakai…klik Start menu..All Program…Accessories…Sound Recorder.

By Hasbullah Jaini Dikirimkan di Tips

6 comments on “Merekam Suara Speaker di Windows 7

Tinggalkan komentar