Sampingan

ImagePagi itu tampak seorang guru  muda terengah-engah menghela napas, dia berlari kecil dari kelas satu ke kelas yang lain. Tak terlihat satupun guru yang menemani, dia berusaha menenangkan hati, walaupun sebenarnya ia panik. DI dalam  hati ia meyakinkan diri “aku harus berhasil, harus berhasil” berulang kali kalimat itu ia lapalkan dalam hati, karena ia tau, kalau sampai gagal, akan banyak orang yang bertepuk tangan.

Hari itu adalah hari pertama ulangan umum online, butuh perjuangan dan tantangan untuk meyakinkan guru dan kepala sekolah terhadap gagasannya, bahkan sampai saat ulangan online akan dilaksanakanpun banyak yang kontra terhadap pelaksanaannya, jadi wajar kalau ia sangat gugup, walaupun gagasan ini sudah direncanakannya dengan matang, apalagi dihari pertama dihadiri oleh pengawas dinas pendidikan. Dan betul saja apa yang ia perkirakan, hampir disemua kelas terdapat masalah koneksifitas wifi yang tidak stabil.

Andai saja pelaksanaan ulangan online ini sesuai perencanaan, mungkin kendala ini tidak akan terjadi. Jauh hari sejak awal semester sudah disampaikan ke forum guru, bahwa untuk sampai ke fase terakhir pelaksanaan ulangan umum online, ada fase-fase yang harus dilalui, yaitu pelatihan kepada dewan guru, tapi apa boleh buat, karena respon yang kurang baik, harus dikelola seorang diri.

Saat-saat tersulitpun akhirnya terlewati, semua laptop siswa akhirnya terkoneksi ke server, senyum puas nampak diwajah guru muda itu, “Alhamdulillah” kalimat itulah yang pertama ia ucapkan sebagai bentuk syukur atas suksesnya pelaksanaan ulangan online. Kalimat pujian dan dukunganpun bermunculan, baik dari pengawas bahkan dari kepala dinas pendidikan kabupaten, walaupun bukan itu tujuan pelaksanaan ulangan online tetapi paling tidak dapat menjadi cambuk untuk ia terus berkarya.

Terima kasih buat semua pihak yang telah membantu, jangan pernah bermimpi ingin berubah, kalau sampai saat ini kita belum belakukan apa-apa.

“Sengsara Membawa Nikmat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s