Panas

Panas atau kalor merupakan suatu bentuk energi, yaitu energi panas. Jika suatu benda melepaskan kalor pada benda lain, maka kalor yang diterima benda lain sama-sama dengan kalor yang dilepaskan benda itu.  Pertanyaan ini dikenal dengan sebutan Asas Black (kalor yang dilepas = kalor yang diterima)

Ada dua macam perubahan yang dapat ditimbulkan oleh panas, yaitu:

1. Perubahan Tetap

Sehelai kertas bila dipanaskan akan terbakar. Kertas berubah menjadi abu. Abu bila didinginkan tidak dapat menjadi kertas kembali. Perubahan yang terjadi pada kertas bersifat tetap.

2. Perubhan Sementara

Sepotong kawat bila dipanaskan mula-mula berpijar merah, lama-kelamaan berubah menjadi putih dan panjangnya akan bertambah. Bila didinginkan suhunya kembali seprti semula dan panjangnya juga kembali seperti semula. Perubahan yang terjadi pada kawat bersifat sementara.

Panas juga dapat berpindah dengan cara radiasi, konveksi dan konduksi

  1. Radiasi adalah perpindahan panas tanpa zat perentara. Matahari memancarkan panasnya sampai ke bumi melalui ruang hampa. Di ruang hampa tidak ada zat yang dapat dilalui dan juga tidak ada zay yang dapat mengalir. Panas matahari sampai ke bumi secara langsung atau secara pancaran tanpa zat perentara
  2. Konveksi adalah perpindahan panas karena perpindahan zat. Peristiwa konveksi (aliran zat) terjadi pada perubahan suhu suatu zat. Zat cair/gas yang terkena panas molekul-molekulnya bertambah besar dan beratnya tetap, sehingga akan bergerak ke atas. Gerakan ke atas ini akan diikuti oleh gerakan zat lain secara terus-menerus sehingga terjadi aliran zat karena panas. Dari peristiwa aliran inilah, maka panas dapat merambat secara konveksi.
  3. Konduksi adalah perpindahan panas melalui benda padat. Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor. Pada umumnya konduktor terbuat dari logam. Benda yang sukar menghantarkan panas disebut isolator. Pada peristiwa konduksi, panas mengalir melalui molekul-molekul zat tanpa memindahkan atau menggerakan molekul zat itu. Benda padat memiliki kemampuan merambatkan panas secara kunduksi yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s