Mencari Akar Pangkat Dua sebuah Bilangan dengan Mudah

Berikut ini saya coba sampaikan cara mencari akar pangkat dua sebuah bilangan dengan cara lain, untuk melakukannya ada dua konsep yang harus kalian pahami:

Konsep I

  1. Gol. AK. 1,  Jika akar pangkat dua < 25 dan > 200,  (nilai AK = 1)
  2. Gol. AK. 2,  Jika akar pangkat dua < 200 dan > 650,  (nilai AK = 2)
  3. Gol. AK. 3,  Jika akar pangkat dua < 650 dan > 1.250,  (nilai AK = 3)
  4. Gol. AK. 4,  Jika akar pangkat dua < 1.250 dan > 2.050,  (nilai AK = 4)
  5. Gol. AK. 5,  Jika akar pangkat dua < 2.050 dan > 3.050,  (nilai AK = 5)

Konsep II
1. Angka pembagi     = 2 x nilai AK
2. Angka penambah = 5 x nilai AK

Pada penyelesaian soal, kalian akan mengetahui fungsi Gol. AK, angka pembagi dan angka penambah.
================================================================

Contoh soal untuk Golongan AK.1 = < 25 dan > 200     (Nilai AK =1)

Artinya :
Angka pembagi             ( 2 x nilai AK )               = 2 x 1 = 1
Angka penambah         ( 5 x nilai AK )               = 5 x 1 = 5

81

Contoh lain, masih di Gol. AK 1 ( lebih besar dari 25, lebih kecil dari 200)
169

Selanjutnya kita coba mengerjakan bilangan yang tergolong Gol. AK 2.

441Untuk Gol AK. 3 dan seterusnya silahkan kalian coba sendiri, semoga bermanfaat

150 comments on “Mencari Akar Pangkat Dua sebuah Bilangan dengan Mudah

  1. Terimakasih pa Hasbullah Jaini,tulisan ini sangat membantu saya dalam mengajarkan Matematika pada murid – murid saya.Saya satu profesi dengan bapa tapi saya lemah dalam pelajaran Matematika,jadi saya belajar melalui internet termasuk dari tulisan bapak Hasbullah.

  2. Ping-balik: Mencari Akar Kuadrat | Hasbullah Jaini Blog

  3. pak kayanya kalo yang hasil akhirnya angka decimal ga bisa deh pakai cara ini, coba pak akar dari 1200, mohon di tinjau pak, terimakasih pak.

  4. saya ngerti maksud rumus bp Hasbullah diatas, tetapi bagaimana kalo akar 160000, kalo sy pake rumus spt bp hasilnya 1625, seharusnya hasilnya kan 400

  5. Alhamdulillah pa, makasih banyak pa ilmunya, sangat bermanfaat. Buat yg lain coba dipahami pelan2 konsepnya, dan jangan memberikan soal yg memang tidak bisa di akar kuadratkan.

  6. Maaf ikutan share ya. Contoh2 diatas, sengaja diambil bilangan2 kuadrat. Bgmn yg bukan? Dg cara spt itu semua hasilnya sama. Contoh akar pangkat dua dari 144 adalah 7 + 5 = 12 (contoh diatas). Nilainya sama dg akqr pangjat dua dari 145, 146, 147, 148 149. Karena sama2 dibuang angka satuan tinggal 14 yg sibagi 2 jd 7 lama tambah 5. Ini namanya “yg mendekati” bukan “pasti”

  7. Pak Hasbullah, saya mau tanya. Kenapa utk Gol.AK 5 gak ketemu jawabannya? Misal utk 6400. Mohon penjelasannya. Trims

  8. Terimakasih pak,,,, sangat membantu,,,, tapi mau nanya nech,,,, kalau angka lebih dari 3.050 bagaimana???? misalnya angka 9.000

  9. Ternyata ada beberapa angka yg tdk bisa di cari dengan rumus tersebut. Seperti pada akar pangkat dua dari 289. Mohon pencerahannya mas. Makasih banyak

  10. iy2, gak apa2 mas rumusnya sudah bagus.., namun kalo saya lihat dan saya koreksi rumusnya memang cukup rumit bagi kalangan umum mas, kalo saran saya mas dalam pembuatan rumus tersebut perlu sedikit perubahan yang harus diganti agar mudah dipahami..

  11. Rumusnya terlalu sulit untuk dicerna anak sd kelas 5,krn ini pelajarn klas 5sd..seharusnya menggunakan rumus yg mudah buat murid,,bukan mudah untuk kita

  12. Salah keliru tuh, ada yg slah ketik biar sya perbaiki
    Gol 1 : akar dari 25-200
    Gol 2 : akar dari 200-650
    Gol 3 : akar dari 650-1250
    Gol 4 : akar dari 1250-2050
    Gol 5 : akar dari 2050-3050
    Giniii….
    Angka Pembagi maksudnya angka yg digunakan utk membagikan akar setiap golongan
    misal : Gol 1 angka pembagi adalah 2, karena golongan 1 jadi 2 dikalikan 1 (2 x 1)=2
    Angka Penambah Maksudnya angka yg digunakan utk menambahkan hasil dari angka yg sudah dibagikan tadi
    misal : Gol 1 Angka penambah adalah 5, karena golongan 1 maka 5 dikalikan 1 (5×1)=5

    Tapi cara diatas benar tentang coret satuannya
    jdi caranya adalah misal akar dari 1369, pertama, coret satuannya yaitu 9 menjadi 136.
    Lalu, 136 dibagi 8 (Karena Gol 4 jadi pembaginya dikali 4 yaitu 2×4=8) adalah 17
    Lalu 17 ditambahkan dengan 20 ( Karena Gol 4 jadi penambahnya dikali 4 yaitu 5×4=20) adalah… 37
    maka hasil dari akar 1369 adalah 37
    nah gitu seharusnya yg bener 😀
    Yang Setuju dengan Saya Comment ya…
    My Name : Tandana Burju Nainggolan

  13. Sapi,?…………..*$*/*£=*÷÷¥¥÷*$*#¥×(÷$(÷(÷¥÷¥×¥2¥2¥2¥¥÷£÷**=!=!=!%€÷×£2¥×**=£3*£**2£÷*=*=*3!=*……………

  14. Pak saya ira murid sdit islam kudus kelas 5 .saya au tanya bagaimana cara menghitung akar jika melebihi nilai ak 5 atau 3050 terimah kasih

  15. TANDA PERTIDAK SAMAAN MEMANG TERBALIK.
    RUMUS INI UNTUK SOAL AKAR KUADRAT DENGAN JAWABAN BIALANGAN BULAT.
    BUKAN UNTUK YANG JAWABANNYA BILANGAN DESIMAL.
    INI RUMUS YANG BAGUS.
    NICE SHARED…

  16. TANDA PERTIDAK SAMAAN MEMANG TERBALIK.
    RUMUS INI UNTUK SOAL AKAR KUADRAT DENGAN JAWABAN BIALANGAN BULAT.
    BUKAN UNTUK YANG JAWABANNYA BILANGAN DESIMAL.
    INI RUMUS YANG BAGUS.
    NICE SHARED…

  17. Terimakasih Pa Hasbullah Jaini,tulisan ini sangat membantu saya dalam mengajarkan Matematika pada murid – murid saya.Saya satu profesi dengan bapa tapi sayakurang dalam pelajaran Matematika,jadi saya belajar melalui internet termasuk dari tulisan bapak Hasbullah

Tinggalkan komentar