Tentang Ku

Lahir di Pangkalan Bun pada tanggal 9 Januari 1979. Hidup di lingkungan keluarga sederhana berpengaruh pada jenjang pendidikanku. Orang tua hanya mampu menyekolahkan hingga tingkat SMK, membuat aku harus berkerja keras untuk mencapai semua mimpi.

Sempat bekerja serabutan hingga masuk hutan untuk mengumpulkan rupiah agar masuk universitas, namun apa daya, uang yang dikumpulkan selama satu tahun hanya mampu untuk mengambil kursus sablon di Jogjakarta.

Kembali ke kampung halaman hanya membawa bekal ilmu sablon ternyata tidak cukup, ilmu saja tanpa modal hanya menjadi sia-sia. Tahun 2000 mendapat tawaran menjadi guru dari kerabat dekat, sebuah profesi yang tidak pernah terpikirkan, jauh dari cita-cita yang diharapkan, namun kondisi mengharuskan aku mengambil tawaran tersebut, jadilah aku seorang guru.

Merasa bisa mencari nafkah sendiri, ternyata menimbulkan kembali hasyarku untuk mecapai gelar sarjana, sambil mengajar aku kuliah di salah satu perguruan tinggi lokal.  Tiada dinyana, cinta bersemi di kampus biru. Aku menemukan tambatan hati teman kuliah ku Mandan Thrie Lusy Asriwarningsih. Pada tahun 2002 kami mengikrarkan sehidup semati dalam janji suci pernikahan.

Setelah dikaruniai anak pertama yang kami beri nama Jeremias Marchiano Jaini, aku memutuskan berhenti menjadi guru dan berdikari dengan mendirikan usaha sablon. Ternyata diluar dugaan, usaha kami tidak bisa berkembang, kuliah kamipun harus putus ditengah jalan. Tuhan memberiku jalan, aku bertemu dengan mas Hadi, seorang penerbit buku yang mengorder kalender untuk dibagikan ke sekolah-sekolah. Melalui beliaulah aku diperkenalkan dengan Bapak H. Samidi, kepala SDN 1 Sidorejo yang sedang mencari tenaga pengajar untuk mengisi mata pelajaran komputer.

Mungkin Allah sudah gariskan hidupku sebagai guru, tahun 2003 aku memulai aktifitas kembali sebagai guru, aku mulai menyukai profesi guru, hingga tahun 2006 bertepatan dengan kelahiran anakku yang kedua Jesica Oktviend Jaini, aku memutuskan untuk mengabil kuliah D2 PGSD di Universitas Terbuka. Mulai saat itu jalan hidupku mengalir begitu saja. Tahun 2009 aku menyelesaikan studi D2, 2010 diterima sebagai guru PNS, 2011 meneruskan S1 PGSD, 2013 kuliahku selesai dan 2014 sertifikasi guru. Terima kasih ya Allah, kini kami sudah bisa hidup tenang menjalani kehidupan disisa-sisa umur yang engkau berikan bersama-orang tercinta di rumah dari hasil keringkat kami dari rezeki-Mu.

Aku adalah orang yang telah membuktikan bahwa ilmu tidak harus diperoleh dari sebuah pendidikan formal, namun pengalaman dan kerja keras tak pernah menyerah adalah modal yang sangat besar untuk mencapai suatu tujuan. Tidak ada yang istimewa dari diriku, tapi bisa berbagi buat yang lain adalah kebahagiannku….

Tulisan yang saya muat tidak murni seratus persen hasil pengalaman pribadi, akan tetapi pengalaman yang saya dapat baik melalui langsung dari orang lain maupun hasil “copy paste” dari blog/web orang lain. Darimanapun sumbernya jangan dijadikan masalah, yang terpenting adalah isi dari informasi tersebut dapat bermanfaat

Dua jagoanku, mereka semangat hidupku

Dua jagoanku, mereka semangat hidupku

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

17 comments on “Tentang Ku

  1. maaf sebelumnya,saya seorang tentara Sertu Waludi. alamatku Asrama Yonif 411/Kostrad, Jl. Ahmad Yani, Salatiga ,Jawa Tengah. Sekitar tahun 2000 sy bertugas di PangkalanBun,sy mmpunyai teman brnama OMBOH murid smk 1dan guru(namanya aku lupa). Tolong jika anda mengenal kedua orang tersebut,mohon di inforamasikan kepada saya. No hp. 081393667793. Saya berharap sekali info ini,sy ucapkan banyak2 terimakasih. Saya jg berharap kita menjalin silaturahim.

    • Menurut keterangan Guru SMKN 1 Pangkalan Bun dan salah satu temannya, bahwa Omboh sekarang sudah menjadi Tentara dan bertugas di Pangkalan Bun. Dan Guru yang anda maksud apakah namanya Beritam atau Ari, dia adalah pamannya Omboh yang dulu bekerja di SMK N-1 Pangkalan Bun sebagai guru, tapi sekarang sudah menjadi kepala SMKN 3 Pangkalan Bun.

      • terimakasih atas infonya,kami udah bisa berkomonikasi. guru tsb nmanya bpk diyarno.mmang omboh udah jd tentara.satu lagi prtaseblmnya terimakasihnyaan lagi,bisakahbpk mmberi info tntang jamu/obat tradisional kalimantan utk kesuburan agar cpat hamil,krn kami udh brumah tngga selama 10 tahun tapi belum pnya anak.

  2. bila anda berkenan,tolong hubungi saya lewat sms,biar ak yang telp ke anda. krn sy mungkin butuh info atau sekedar berteman. terimakasih. no hp ku 081393667793

  3. terus terang ku masih gaptek,sebenarnya aku gak tahu gmana cara menampiulkan foto.maaf ya bang,mungkin aneh tapi itulah saya.gmana caranya mnamoilkan foto disini? mau nanya teman malu? makasihg

  4. Bang Hasbullah saya Abung Alieser Alamat Kantor Jl. S. Parman No. 5 Banjarmasin No. HP. 0852 4859 0089 Kantor 0511-4368428

  5. Dik Hasbullah Jaini,Salam kenal Saya Benny Hadi tinggal di Bandung,tepatnya kota satelitnya Bandung “CIMAHI” bila ada kesempatan ke Bandung,kontak saya ya.

  6. salam kenal pak guru, maaf ya saya minta izin buat nyedot yang pak guru bagi
    kebetulan saya juga guru dah bakti kurang lebih 7 tahun
    jd sangat bermanfaat
    trims sebelumnya
    salam kenal

  7. salam kenal pak. saya guru di prov jawa barat, kebetulan saya membuka aplikasi penilaian kurikulum 2013 tapi di input data kehadiran dan eskut tidak dapat mamasukan angka?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s